Tips Bagi Ayah agar ASI Ibu Lebih Lancar

Tips Bagi Ayah agar ASI Ibu Lebih Lancar

PERAN ayah selama masa menyusui Si Kecil sama pentingnya dan sulit digantikan oleh orang lain. Sebuah penelitian menunjukkan ayah yang mendukung kegiatan menyusui dapat meningkatkan keberhasilan pemberian ASI.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan ayah selama masa menyusui? Berikut beberapa caranya:

1. Beri Dukungan

Satu hal yang pasti, hindari menyalahkan ibu jika produksi ASI untuk Si Kecil sedikit. Sebaliknya, ayah harus memberi dukungan pada ibu agar lebih bersemangat dalam menyusui. Menyalahkan salah satu pihak hanya akan membuat ibu menjadi panik dan tertekan.

Tenangkan ibu dan yakinkan ia bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan semangat positif ini, ibu tentunya akan semakin optimis untuk menyelesaikan program menyusui bagi Si Kecil. Karena sudah bukan lagi rahasia bahwa ASI eksklusif memiliki segudang manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

BACA JUGA:

·  Pasien Covid-19 yang Bergejala Ringan, Sekda Kota Cirebon: Isoman Dirumah Saja

·  Hotline Layanan Telemedisin Gratis bagi Pasien Covid-19

2. Bersenang-Senang Berdua

Untuk memadamkan api dan menghindari hal buruk terjadi, salah satu pihak haruslah menjadi air. Artinya ayah perlu mengambil peran sebagai “air” untuk menjaga semangat sang ibu  selama  menyusui. Bersenang-senanglah dengan istri dan Si Kecil untuk menghindari rasa stres. Sebab, produksi ASI pada ibu sangat dipengaruhi dengan kondisi hormon dan psikologis.

Produksi ASI membutuhkan hormon prolaktin, sementara untuk pengeluarannya hormon oksitosin yang bekerja. Saat ibu mengalami stres, kerja dari kedua hormon ini mungkin akan terganggu. Tentunya hal itu juga akan berpengaruh dengan tingkat keberhasilan menyusui.

3. Lakukan Pekerjaan Rumah

Membantu istri dalam melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa membuat ASI lebih lancar. Sebab, ibu tak akan merasa menanggung “beban” seorang diri, karena ada ayah yang siap untuk selalu diandalkan. Kebiasaan ini juga bisa lebih mempererat hubungan dan romantisme suami-istri yang tetap harus dijaga setelah kehadiran Si Kecil.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Pemkab Cirebon Distribusikan 10ribu Liter Minyak Goreng Bersubsidi

·  Kebijakan Prabu Siliwangi yang Ditiru Jokowi, Pindah Ibu Kota, Jalan Tol dan Bendungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: